Tuesday, December 11, 2018

Topik 2 : Interaksi dan pembelajaran

TAJUK 2 : INTERAKSI DAN PEMBELAJARAN 

1.   PENDAHULUAN 

Dalam proses pembelajaran antara pendidik dan peserta didik harus ada interaksi. Pendidikan pada dasarnya merupakan interaksi antara pendidik dengan peserta didik, untuk mencapai tujuan pendidikan, yang berlangsung dalam lingkungan tertentu. Lingkungan ini diatur serta diawasi agar kegiatan belajar terarah sesuai dengan tujuan pendidikan. Pendidikan berfungsi membantu peserta didik dalam pengembangan dirinya, yaitu pengembangan semua potensi, kecakapan, serta karakteristik pribadinya ke arah yang positif, baik bagi dirinya maupun lingkungannya. 

2.    ISI PENTING 

Menurut Nana Sudjana, ada tiga pola komunikasi dalam proses interaksi guru-murid, yakni komunikasi sebagai aksi, interaksi dan transaksi. Antara komunikasinya ialah komunikasi sebagai aksi atau komunikasi satu hala, iaitu guru sebagai pemberi aksi dan murid sebagai penerima aksi. Guru aktif, murid pasif, mengajar dipandang sebagai kegiatan menyampaikan bahan pelajaran. Seterusnya, bagi komunikasi sebagai interaksi atau komunikasi dua hala adalah guru mampu berperananan sebagai pemberi aksi atau penerima aksi. Sebaliknya murid, mampu menjadi penerima aksi bahkan pula pemberi aksi. Dialog akan terjadi antara guru dengan murid serta komunikasi juga sebagai transaksi atau komunikasi berkumpulan adalah komunikasi tidak hanya terjadi antara guru dengan murid, tetapi juga antara murid dengan murid. Murid juga dituntut untuk aktif daripada guru. Murid, seperti halnya guru, dapat berfungsi sebagai sumber belajar bagi murid lain. Situasi pengajaran atau proses interaksi pembelajaran mampu terjadi dalam pelbagai pola komunikasi, akan tetapi komunikasi sebagai transaksi yang dianggap sesuai dengan konsep cara belajar murid aktif sebagaimana yang dikehendaki para ahli dalam pendidikan yang moden. 

3.    RUMUSAN 

Interaksi di dalam pembelajaran amatlah memain peranan yang penting bagi memberikan pemahaman kepada murid dengan lebih efektif mengikut pola komunikasi yang berbagai bagi menghidupkan suasana pembelajaran yang lebih disukai murid. 

4.    RUJUKAN 

▪ http://edukasi.kompasiana.com/2012/05/01/interaksi-komunikasi-dalam-pembelajaran454088.html 
▪ http://hadiyan.wordpress.com/2012/08/30/empat-interaksi-pendidikan-menurut-profesor-djaali/ 
▪ http://ryochae.blogspot.com/2013/05/interaksi-edukatif-dalam-proses.html 
▪ http://jais-amq.blogspot.com/2010/08/interaksi-belajar.html 


No comments:

Post a Comment